Memutus Mata Rantai Tawuran Antar Pelajar

Tema : Pemuda Dan Sosialisasi

Tawuran antar pelajar sudah sangat sering terjadi, bahkan telah membudaya dan turun temurun sejak beberapa tahun terakhir ini. Memang sungguh merupakan fenomena yang memprihatinkan bagi kita semua. Tawuran pelajar ini merupakan salah satu bentuk sikap negatif pemuda khususnya di kalangan pelajar yang meresahkan masyarakat

Banyak factor yang menyebabkan terjadinya tawuran antar pelajar.  Mulai dari masalah sepele, seperti saling ejek, berpapasan di bus, pentas seni, atau pertandingan sepak bola.  Bahkan, ada yang hanya karena saling ejek di  Jejaring Sosial, yang kemudian menyebabkan nyawa seorang pelajar melayang.

Aksi tawuran yang sudah menjurus kriminal dengan sengaja menghilangkan nyawa orang lain,perlu penanganan yang serius dari semua pihak terkait,orang tua murid,guru,Pemerintah(Depdikbud),seluruh siswa mengatasinya secara bersama dengan memutus mata rantai penyebab terjadinya aksi tawuran yang turun temurun ini.

Pendidikan budi pekerti serta budaya nilai moral perlu ditanamkan kembali terhadap semua siswa sekolah,sehingga ada saling hormat dan kasih sayang terhadap sesama pelajar walaupun berbeda sekolah.Dengan menebarkan budi pekerti dan moral ini diharapkan akan lahir pelajar yang punya mental dan budi pekerti yang santun dan saling menghormati dan menghargai satu sama lain.Sudah saatnya  sekarang ini peristiwa tawuran pelajar ini tidak dibiarkan lagi terjadi dan hanya dianggap sebagai kewajaran dan sudah jadi tradisi tahunan,tanpa ada usaha untuk menghentikannya dari semua pihak,pada hal sudah sering dan  berulang kali terjadi.Nilai-nilai positif juga perlu disalurkan bagi pelajar untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam mengekspresikan jatidiri.

Sumber : http://metro.kompasiana.com/2012/09/28/memutuskan-mata-rantai-aksi-tawuran-antar-pelajar-491076.html

http://edukasi.kompasiana.com/2012/09/27/tawuran-pelajar-antara-mendidik-otak-dan-watak-496704.html

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s