Budaya Merokok Di kalangan Remaja Sekarang

Tema : Individu,Keluarga dan Masyarakat

Di masa modern ini, merokok merupakan suatu pemandangan yang sangat tidak asing. Kebiasaan merokok dianggap dapat memberikan kenikmatan bagi si perokok, namun dilain pihak dapat menimbulkan dampak buruk bagi si perokok sendiri maupun orang – orang disekitarnya. Berbagai kandungan zat yang terdapat di dalam rokok memberikan dampak negatif bagi tubuh penghisapnya.

Banyak faktor merokok yang mendorong seseorang mengkonsumsinya, diantaranya karena faktor lingkungan, kepribadian, ekonomis, dan tekanan sosial.Hal ini sejalan dengan kegiatan merokok yang dilakukan oleh remaja yang biasanya dilakukan di tempat umum,yang bisa menggangu orang lain. Padahal, sudah diatur oleh pemerintah mengenai larangan merokok di tempat umum dan telah disediakannya beberapa tempat khusus bagi perokok aktif. Para remaja pun tak menyadari -atau mungkin tidak peduli mengenai- pengeluarannya dari mana untuk rokok tersebut.

Mungkin banyak cara untuk mencegah remaja untuk tidak merokok, paling tidak orang tua juga tidak boleh lengah. Kebiasaan merokok tidak hanya dipengaruhi oleh teman-teman sekolahnya, namun lebih banyak dipengaruhi karena pergaulannya di lingkungan dimana mereka tinggal atau bergaul. Paling tidak pendidikan di mulai dari lingkungan keluarga.

Selain upaya dari orang tua dan guru di sekolah, rasanya masyarakat umum perlu juga menertibkan hal ini. Apabila menemukan mereka yang masih dibawah umur, perlu menegurnya. Paling tidak warung, toko maupun supermarket mulai ketat menerapkan verifikasi usia bagi mereka yang membeli rokok.Selanjutnya, yang paling menentukan adalah remaja itu sendiri. Kebanggaan menjadi perokok bukanlah sesuatu yang perlu dibanggakan. Gaya hidup tidak memberikan nilai tambah pada pribadi kita, justru gaya hidup yang salah menghancurkan reputasi diri kita sendiri.

sumber : http://muda.kompasiana.com/2012/08/05/remaja-gak-ngerokok-gak-gaul-483532.html

http://girlblog-bloggirl.blogspot.com/2012/04/contoh-makalah-kenakalan-remaja.html

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s