Teori akuntansi keuangan

 

1. Pendekatan pajak (tax approach)

Dalam pendekatan ini, jenis pajaknya adalah pajak penghasilan, dimana pengaruh pajak penghasilan yang bersifat tidak langsung sangat besar. Dalam perkembangannya, undang-undang pajak penghasilan menciptakan suatu perbaikan dalam praktek akuntansi umum dan konsistensinya dapat dipertahankan.

Tujuan-tujuan akuntansi pajak berbeda dengan tujuan pelaporan keuangan. Akuntansi pajak tidak memerlukan pengukuran penghasilan (laba/rugi) perusahaan, tetapi lebih tertarik pada penetapan suatu dasar untuk keperluan pajak. Sehingga kesimpulan akuntansi pajak tidak relevan untuk keperluan pemakai laporan keuangan.

2. Pendekatan legal (legal approach)

Pendekatan ini berkaitan dengan perolehan hokum (legal), dimana dalam akuntansi suatu penjualan harus diakui bila hak milik legal berpindah. FASB telah mnyelidiki penggunaan hukum untuk menetapkan prinsip-prinsip akuntansi dan dicatat bahwa dalam setiap masalah ekonommi terkait juga dengan masalah legal. Misalnya : penghasilan harus direalisasi. Dalam hal investasi, tidak ada penghasilan sampai ada keuntungan yang terpisah dan terealisasi .

3. Pendekatan etika (ethical approach)

Pendekatan etika dalam teori akuntansi menekankan pada konsep-konsep keadilan, kebenaran, dan kewajaran (justice, truth, fairness). Dalam sistim akuntansi yang andal harus tak ada kesengajaan untuk memihak pada pihak tertentu (netralitas) dan kejujuran dalam penyajian laporan keuangan (representational faithfulness). Pendekatan etika mempunyai pengaruh yang meresap di seluruh aspek akuntansi.

4. Pendekatan ekonomi (economical approach)

Pendekatan ekonomi dalam akuntansi diambil dari 3 jalur yang berbeda, makroekonomi, mikroekonomi, dan sosial korporasi.

a. Makroekonomi

Pendekatan makroekonomi mejelaskan pengaruh prosedur pelaporan terhadap pengukuran ekonmi dan aktivitas ekonomi pada tingkat industri atau perekonomian nasional. Salah satu tujuan akuntansi harus dapat mengarahkan perilaku perusahaan/individu ke arah kebijakan ekonomi nasional.

b. Mikroekonomi

Pendekatan mikroekonomi menjelaskan pengaruh prosedur pelaporan terhadap pengukuran ekonomi dan aktivitas ekonomi pada tingkat perusahaan. Perusahaan sebagai satuan usaha ekonomi yang kegiatan utamanya dapat mempengaruhi perekonomian melalui operasi di pasar.

c. Akuntansi sosial korporasi

Membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan biaya polusi lingkungan, pengangguran, kondisi kerja yang tidak sehat, dan masalah-mzsalah sosial lainnya yang biasanya dilaporkan oleh perusahaan, kecuali jika biaya-biaya tersebut ditanggung langsung oleh perusahaan melalui pemajakan dan regulasi.

5. Pendekatan perilaku (behavioran approach)

Fokus dalam pendekatan ini adalah pada relevansi informasi yang dikomunikasikan kepada para pengambil keputusan dan berbagai perilaku individu/kelompok sebagai akibat dari disajikannya informasi akuntansi. Teori perilaku mencoba mengukur dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh ekonomi, psikologis, dan sosiologis yang ditimbulkan oleh prosedur-prosedur akuntansi dan media pelaporan.

6. Pendekatan struktural (structural approach)

Fokus dalam pendekatan ini adalah pada struktur sistim akuntansi itu sendiri. Para akuntan mengupayakan adanya konsistensi dalam mencatat dan melaporkan transaksi.

Sampai akhirnya pada tahun 1941, Committee on Terminology dalam American Institute of Accountants (AIA) mendefinisikan akuntansi sebagai berikut : Akuntansi adalah seni mencatat, mengklasifikasikan, dan mengikhtisarkan dengan cara yang signifikan dan berdasarkan nilai uang suatu transaksi dan peristiwa yang bersifat keuangan untuk kemudian menginterpretasikan hasilnya.

Sumber: http://dwiermayanti.wordpress.com/2009/03/20/teori-akuntansi-keuangan/

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s