Teknologi komputer yang mendukung SIA

Hardware dan Software Komputer

Sistem komputer merupakan kombinasi terpadu dari perangkat keras,perangkatlunak,komunikasi,sumber daya informasi, dan prosedur-prosedur pemrosesanMasing-masing dari lima komponen ini hanya memberikan nilai kecil bagi pemenuhan kebutuhan komputasi.Sebagai contoh, komputer pribadi tidak dapat memproses penggajian tanpa program perangkat lunk yagn tepat .Perangkat lunak komputer atau program komputer memuat instruksi-instruksi yang dibutuhkan oleh mesin fisik atau perangkat keras untuk melengkapi tugas-tugas yang diperlukan, yang dalam kasus penggajian tadi, mencakup kalkulasi total pembayaran, dan pemotongan untuk setiap karyawan.

Perangkat keras komputer mencakup perlatan fisik yang secara keseluruhan sering disebut komputer itu sendiri. Peralatan-peralatan ini mencakup unit processor pusat, processor pendukung, penyimpanan sekunder, peralatan masukan, dan peralatan keluaran.Komponen-komponen dasar dari komputer pada dasarnya sama, terlepas dari ukuran komputernya.Namun, ukuran komputer akan mempengaruhi keseluruhan kemampuan pemrosesan. Didefinisikan empat kelompok komputer yang dibedakan berdasarkna ukuran fisik dan kemampuan pemrosesannya, yaitu

  • Super komputer

Super komputer merupakan tercepat.Komputer ini kadang-kadang menggunakan cairan khusus untuk menghasilkan operasi yang lebih cepat dalam sirkuitnya.Super komputer mempunyai nam kecil “bubbles” (gelembung) karena penggelembungan cairan tadi. Kecepatan super komputer juga di pertinggi oleh cara memproduksinya yang membuat bentuk silinder sehingga mempertajam jarak yang harus ditempuh oleh sinyal-sinyal intern, yang pada gilirannya meminimalkan penundaan elektrikal.

 

  • Mainframe

Digunakan oleh banyak perusahaan besar dan lembaga-lembaga pemerintah untuk pemrosesan data yang disentralisasikan.Ukuran dan kinerja mesin ini bervariasi secara luas.Ukuran dan kinerja yang terbesar dapat memproses ratusan juta instruksi per detik.

  • Mini komputer

Kadang disebut komputer menengah dan lebih lambat dari mainframe.Akan tetapi, perbedaan antara mini komputer yang besar dengan mainframe yang kecil sering kali tersamar karena banyak komputer dari dua kelompok mesin ini mempunyai ukuran dan kemampuan berimbang. Lagi pula, mini komputer,seperti halnya mainframe, banyak digunakan oleh perusahaan & lembaga-lembaga pemerintahan

  • Komputer pribadi

Sangat berbeda karena ukurannya sangat kecil sehingga diletakkan di atas meja seseorang dan cukup murah pula untuk dimiliki seseorang.Kecepatan pengoperasiannya diukur dalam jutaan operasi per detik.Akan tetapi, jika disatukan bersama-sama dalam jaringan, kekuatan pemrosesan kolektifnya dapat melebihi mainfrme terbesar sekalipun.

Perangkat lunak merupakan bagian terpenting dari suatu sistem komputer, sesudah pemakai.Sesungguhnya, cara terbaik untuk membeli komputer adalah memilih dulu perngkat lunaknya dan kemudian baru komputernya.Tidak peduli seberapa bagus bentuk komputer, itu hanya bernilai kecil tanpa perngkat lunak yang tepat.Pembahasan berikut ini membagi perngkat lunak dalam tiga kategori besar, yaitu sistem operasi,program aplikasi, dan bahasa komputer.

  1. Sistem operasi

Merupakan kumpulan program-program komputer yang merupakan bagian penghubung perangkat lunak antar pemakai dan perngkat keras.Sistem operasi mempunyai tiga fungsi utama, yaitu akuntansi & pengamanan,manajemen & alokasi sumber daya sistem komputer, serta fasilitas perngkat lunak bagi program-program aplikasi pemakai. Tambahan dari ketiga fungsi ini dapat timbul tergantung pada sistem operasi tertentu.Sebagai contoh, beberapa sistem operasi memiliki tambahan jenjang pengamanan, tetapi lainnya hanya memiliki sedikit atau tidak ada pengamanan sama sekali.

  1. Program aplikasi

Merupakan program-program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pemakai. Program-program seperti ini dapat dikembangkan sendiri atau dibeli dari pemasok luar.Seksi ini membahas beberapa kelompok utama dari aplikasi-aplikasi pemakai(user).

  1. Bahasa komputer

Bahasa-bahasa komputer dapat diklasifikasikan sesuai generasinya. Program generasi pertama ditulis dalam bahasa mesin, sedangkan program-program generasi kedua ditulis dalam bahasa assembler.

Program yang ditulis dalam bahasa assembler harus dikonversi ke dalam bentuk biner.Akan tetapi, beberapa pemrogram memilih menggunakan bahasa assembler karena memungkinkan untuk dijalankan dengan perngkat keras yang sering terjadi dalam kode program yang relatif cepat.Program-program generasi ketiga ditulis dalam bahasa tingkat tinggi seperti BASIC,COBOL,PASCAL,atau Bahasa C.Bahasa program seperti ini sangat menyederhanakan tugas-tugas programmer karena memungkinkan programmer menjalankan progrma tunggal yang menggunakan bahasa mesin atau pernyataan-pernyataan bahasa assembeler.

Komponen sistem komputer

Seperti yang telah diuraikan pada pembahsan sebelumnya, komputer sangat membantu proses pengolahan data menjadi informasi.Agar sistem informasi yang disusun itu dapat berjalan dengan baik, maka perlu dijelaskan apa saja komponen sistem komputer iut sndiri.Fasilitas komputer dapat dikelompokkan menjadi lima komponen sebagai berikut:

 

  • Central processing unit(CPU)

Merupakan pusat dari komputer yang mempunya fungsi melakukan kegiatan-kegiatan aritmatik dan logika serta mengawasi kegiatan seluruh sistem EDP.CPU dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan fungsinya, yaitu main memory section,arithmetic logic section, dan contol section.

  • Peralatan input

Data yang akan diproses dalam komputer harus dimasukkan ke komputer. Pekerjaan memasukkan data dapat menggunakan berbagai macam alat.Peralatan ini disebut peralatan masukkan (input).Ada beberapa alat yang dapat digunakan untuk memasukkan data ke komputer,seperti card reader,keyboard,mouse,joystick,dan scanner.Setiap alat tersebut berfungsi untuk menyediakan dan memasukkan data yang akan diproses oleh komputer.

  • Peralatan output

Alat-alat keluaran adalah perlatan yang menerima informasi dari komputer(CPU) dan mengubahnya ke dalam bentuk yang dapat dibaca.Keluaran ini dapat di hasilkan dengan menggunakan terminal printer,plotter,monitor,dan peralatan lainny.

  • Peralatan komunikasi

Alat komunikasi dengan komputer merupakan alat yang menghubungkan seseorang langsung dengan CPU atau dengan komputer lainnya secara on-line.Dengan digunakannya peralatan komunikasi komputer ini, proses memasukkan dan mengeluarakan data ke dan dari komputer dapat dilakukan dari jarak jauh.Dengan demikian, data akuntansi dapat dimasukkan ke komputer langsung dari tempat data tersebut terjadi, tanpa perlu membawa bukti-bukti transaksi secara fisik ke tempat komputer tersebut diletakkan.Begitu juga keluaran dari komputer dapat langsung diterima oleh pihak-pihak yang berkepentingan tanpa harus pergi ke komputernya.Namun

 

  • Media penyimpanan

Merupakan peralatan yang digunakan untuk menyimpan data input maupun output dari komputer.Media ini digunakan karena kapasitas memori komputer sangat terbatas dan mahal harganya.Alat yang dapat digunakan untuk media penyimpanan ini adalah pita magnetis,disket,flashdisk,magnetis drum,dan compact disk.

 

Sumber: Sutabri Tata,2003.Sistem informasi akuntansi.Jakarta:Penerbit Andi

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s