Peran komputer di dalam SIA

Di masa sekarang ini, apalgi pada masa yang akan datang, tugas-tugas atau pekerjaan manusia dalam organisasi banyak yang telah digantikan oleh komputer termasuk dalam bidang akuntansi.Sulit rasanya menghiadari teknologi ini apalagi jika organisasi memang telah saatnya perlu dibantu oleh komputer. Dalam uraian ini yang kaitannya untuk bidang akuntansi ini, sudah selayaknya memasukkan unsur komputer.Sistem informasi yang berbasis komputer pada mulanya terfokus pada data atau sering disebut dengan data processing.DSS adalah sistem penghasil informasi yang ditujukan kepada satu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat oleh manajer.

Proses pengolahan data akuntansi akan dapat dilakukan dengan lebih cepat bila menggunakan komputer.Hal ini dapat terjadi karena kemampuan komputer untuk mengolah data yang jauh melebihi kecepatan manusia.Dengan adanya perkembangan teknologi komputer, semakin bnyak perusahaan yang menggunakan jasa komputer untuk memproses data akuntansinya.Beberapa tahapan proses pengolahan data yang memperoleh manfaat besar dari penggunaan komputer adalah:

  • Verifikasi

Komputer dapat mengecek kebenaran maupun kelayakan angka-angka yang menjadi input dalam suatu proses.Misalnya pengecekan kebenaran kode yang digunakan, pengecekan kelayakan jumlah nrupiah dari transasi,dll.

  • Sortir

Komputer memungkinkan untuk dilakukannnya pensortiran data ke dalam beberapa klasifikasi yang berbeda dengan cepat. Misalnya, kumpulan faktur penjualan dapat disortir ke dalam klasifikasi langganan,jenis produk, daerah penjualan,dsb.

  • Transmission

Komputer dapat memindahkan lokasi data dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan cepat. Misalnya, data dari suatu file ke file lainnya.

  • Perhitungan

Dengan komputer, perhitungan-perhitungan dapat dilakukan dengan cepat.Misalnya, menghitung saldo rekening sesudah adanya posting, menghitung jumlah sekelompok transaksi,dsb.

 

Hal-hal utama yang perlu diketahui mengenai sistem komputer adalah bahwa sebagai suatu kesatuan sistem , komputer sendiri memiliki beberapa unsur poko, seperti dijelaskan di bawah ini:

v    Perangkat keras(hardware)

perlatan mesin itulah yang dimaksud sebagai perngkat keras.Bagian utama sistem komputer terdiri dari CPU,memory,monitor,keyboard,dan printer.

v    Perangkat lunak(software)

Perngkat ini berperan sebagai pengatur kerja komputer.Perangkat lunak komputer terdiri dari sistem software,programming language,package software.

v    Tenaga ahli(brainware)

Para tenaga ahli yang bekerja untuk membangun dan mengelola sistem inforamasi yang berbasis komputer, biasanya terdiri atas sistem analis,programmer,operator,spesialis jaringan,dan database admnistrator.

 

Sumber: Sutabri Tata,2003.Sistem informasi akuntansi.Jakarta:Pnerbit Andi

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s