Sistem informasi manufaktur

Sistem informasi manufaktur adalah suatu sistem berbasis komputer yang bekerja sam dengan dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam proses produksi.

Manajemen manufaktur menggunakan komputer baik senagai sistem konseptual maupun sebagai suatu elemen dalam sistem produksi fisik.Computer aided design(CAD),Computer aided manufacturing (CAM),dan robotik semuanya menggambarkan cara penggunaan teknologi dalam sistem fisik

Computer Aided Design (CAD),yang sering disebut Computer Auded Engineering

(CAE) melibatkan penggunaan komputer untuk membantu rancangan produk yang akan di manufaktur .

Computer Aided Manufacturing (CAM) adalah penerapan komputer dalam proses produksi.Sebagian besar otomatisasi pabrik saat ini terdiri dari Teknologi CAM.

Robotik

Penerapan komputer lain dalam pabrik adalah robotik.Robotik melibatkan penggunaan robot industrial (industrial robot –IR),alat yang secara otomatis melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam proses manufaktur.

Aplikasi komputer sebagai suatu system konseptual dalam area manufaktur di mulai dengan persediaan.Sistem pertama menyatukan pendekatan titik pemesanan kembali, tetapi rancangan ini digantikan oleh konsep MRP yang lebih proaktif. Singkatan MRP aalnya berarti material reqirements planning.Kemudian kosep itu diperluas untuk berintegrasi dengan system lain di seluruh perusahaan, dan istilah itu diubah menjadi manufacturing resource planning, atau MRP II.Selama tahun 1980-an, perusahan-perusahaan memoriam strategi produk baaru pendekatan just in time.JIT merupakan suatu konsep yang revolusioner dalam dua hal.Pertama, JIT berlawanan dengan filosofi produksi missal yang telah lama di hargai.Kedua,JIT tidak menekankan kemampuan komunikasi teknologi komputer dengan menggunakan sinyal-sinyal fisik.

Sekarang setelah JIT tidak lagi baru,perusahan-perusahaan sadar bahwa mereka tidak semua harus meninggalkan system MRP. Sebagian mengintegrasikan JIT ke dalam MRP.

Sistem informasi manufaktur terdiri dari subsistem input database,dan subsistem output .Sistem informasi akuntansi mengumpulkan data intern, sering dengan menggunakan terminal pengumpulan data, dan mengumpulkan data lingkungan sebagai hasil dari transaksi dengan pemasok.Subsistem industrial engineering mengumpulkan informasi intern yang berhubungan denagn system produksi fisik.Subsistem intelijen manufaktur mengumpulkan data lingkunag yang menjelaskan serikat pekerja dan pemasok.

Manajemen menggunakan subsistem produksi untuk membangun fasilitas produksi baru dan mengoperasikan fasilitas yang ada.Subsistem persediaan menggunakan rumus untuk memprogram dua keputusan penting mengenai saat memesan dan jumlahnya.Subsistem kualitas menggunakan kombinasi standar kualitas, inforamasi umpan balik, dan pemeriksa pengendalian kualitas untuk mencapai kualitas tinggi yang diperlukan untuk menghadapi persaingan internasional.Subsistem biaya juga membantu dalam mencapai keunggulan kompetitif dengan menyediakan informasi yang memungkinkan manajemen menjaga biaya produksi tetap rendah.

Sistem informasi manufaktur merupakan suatu penerapan teknologi informasi dala produksi yang mantab, tetapi itu hanya satu dimensi dari penggunaan komputer.CIM adalah suatu filosofi manajemen yang diarahkan pada pengintegrasian semua sistem informasi berbasis komputer yang terpisah ditambah otomatisai pabrik.Mencapai CIM akan menjadi tantangan yang sulit bagi para manajer,industrial engineer, dan spesialis informasi saat kita mendekati tahun 2000

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kalender

    • April 2010
      S S R K J S M
      « Mar   Mei »
       1234
      567891011
      12131415161718
      19202122232425
      2627282930  
  • Cari