Virus Security Tools

Apakah Anda pernah kena virus yang namanya Security Tools? Kalau dilihat aplikasinya sih sepertinya bukan virus, tapi sangat dan amat menjengkelkan. Aplikasi ini secara otomatis menginstall ke komputer kita secara diam-diam tanpa sepengetahuan sang pemilik komputer, tau-taunya tiba-tiba ada pesan box “Security Tools Successfully Installed”, yang menjengkelkannya adalah semua aplikasi akan di blok (tidak bisa dibuka: seperti ms-word, excel, notepad, regedit, dll) oleh virus ini, keculai explorer. Saya sedikit share disini cara untuk membasi virus ini, tanpa harus install ulang windows.

Security Tools Virus ini tergolong pada jenis anti-spyware, dimana korbannya adalah para pengguna internet. Virus ini disebarkan melalui internet. Seperti biasa, virus ini juga akan melakukan disable (tidak mengizinkan) untuk akses regedit, DOS, task manager bahkan semua program akan ditutupnya (notepad, ms-word, excel, dll), kecuali explorer (mungkin merasa kasian kepada korban memberikan kesempatan untuk copy data ).

Silahkan ikuti step-stepnya seperti dibawah ini:

  1. Pertama kita akan mematikan proses/program running dari program Security Tools dari Task Manager. Buka explorer, kemudian masuk ke windows direktory kemudian masuk ke C:\Windows\system32
  2. Ubah/rename file taskmgr.exe menjadi iexplore.exe agar bisa di buka (ingat virus ini hanya bisa membuka explorer, maka akan kita bohongin seakan-akan kita membuka explorer).
  3. Klik dua kali hasil rename tadi (iexplorer.exe)
  4. Jika task manager jalan, cari proses program Security Tools Virus, dia biasanya menggunakan nomor secara random (misalnya: 5263413546.exe) hapus/end process dari task manager.
  5. Skarang kita akan mencari virusnya, saya mencari tools untuk membasi anti spyware, klik disini untuk download program.
  6. Jika sudah di download, ubah nama programnya dari HijackThis.exe menjadi iexplore.exe.
  7. Klik dua kali program tersebut, kemudian pilih tombol “Do a system scan only
  8. Cari proses dengan nama yang diakhiri nomor seperti pada point 4, bisa dilihat pada gambar di bawah ini
  9. Klik tombol “Fix checked” untuk menghapus virus.

Tutorial diatas adalah pengalaman saya sendiri ketika kena virus tersebut. Dan sampai sekarang (15/10/2010) komputer berjalan lagi seperti biasa, (saya kena virus 3 hari sebelumnya).

Semoga berhasil.

sumber:supono.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kalender

    • Januari 2010
      S S R K J S M
      « Nov   Feb »
       123
      45678910
      11121314151617
      18192021222324
      25262728293031
  • Cari